Blog: Mulai Dari Mana? Blog: Media Multi Fungsi

Berniat untuk membuat blog? Mesti mulai dari mana? Apa yang harus dikerjakan? Mudah-mudahan pertanyaan ini mengena karena paling tidak itulah yang terbersit sebelum saya ‘berhasil’ membuat blog. Tapi jangan khawatir karena setiap kali kita mau mulai sesuatu, pertanyaan ini selalu muncul. Jadi lumrah.


Apa yang mendorong anda membuat blog? Sudah punya bahan yang mau disajikan? Kalau sudah, bersyukurlah, dengan begitu satu tahapan terselesaikan, jalannya menjadi lebih mudah. Tapi kalaupun belum, tidak masalah, kita bisa temukan sedikit-demi sedikit, bertahap.


Ada dua hal yang harus kita siapkan. Pertama, konten, yakni apa yang mau disajikan dan kedua, bagaimana cara menampilkannya di blog; soal teknis bloggingnya; bagaimana membuat ini bagaimana membuat itu, bagaimana pasang ini bagaimana pasang itu dst. Keduanya, sekali lagi, bisa kita dapatkan pelan-pelan, bertahap sejalan dengan proses. Dan yang pasti, informasi mengenai ini tersedia banyak, melimpah di Internet. Tinggal kita sendiri mau mencari dan mencobanya.


Blog itu apa sih? Banyak yang kita bisa ibaratkan. Sebenarnya tak terbatas, tergantung keperluan kita. Blog misalnya bisa kita ibaratkan media masa seperti koran atau majalah. Punya blog berarti kita kelola media masa sendiri, kita jadi boss-nya, kita yang pilih dan sajikan informasi untuk pemirsa. Bog juga bisa kita ibaratkan buku. Kalau punya bahan yang hendak dituliskan, blog bisa menjadi tempat yang bagus untuk menumpahkan ide-ide atau gagasan. Menulis di blog bisa jadi sama seperti kita menulis buku. Atau blog adalah catatan harian. Seperti biasanya, di catatan harian kita tuliskan segala macam tanpa ada bidang kajian khusus yang sengaja harus dibahas. Bahkan blog bisa jadi adalah etalase atau toko atau bahkan super mall, di dalamnya kita bisa promosikan produk atau jasa.


Blog bisa menjelma menjadi apapun, kemungkinan yang tersedia sangat luas. Visi kita sendirilah yang membatasi. Blog adalah multi purpose instrument, soal kemanfaatannya goal kita yang tentukan.

Deixe o seu comentario

Post a Comment