Mencari Rujukan: Apa Itu Blog?

Salah satu bahan rujukan bagus untuk mengenali apa itu blog bisa kita temukan di about.com. Susan Gunelius editor blogging di situs ini menulis penjelasan rinci dan sistematis soal blog; sangat runut dan enak untuk diikuti. Susan memilah proses menjadi tiga bagian: start a blog, growing a blog dan monetize a blog. Bahkan Susan juga menuliskan glassary berisi istilah-istilah teknis terkait segala macam hal yang perlu diketahui soal blogging.

Pemilahan yang dibuat Susan mencerminkan hal-hal penting untuk dipahami dalam mengelola blog. Pemilahan ini juga mencerminkan tahapan sistematis yang bermanfaat kita ikuti untuk membangun blog.

Start a blog bicara persis seperti apa yang kita hadapi sewaktu berpikir untuk memulai blog: apa itu blog? harus mulai darimana? Tidak cuma itu, Susan juga bicara mengenai pemilihan topik, software blog yang akan kita pilih dan teknis bagaimana membuat blog, dst.

Pada Grow a blog Susan bicara soal bagaimana mengenalkan blog. Mengenalkan? Ya mengenalkan pada ‘dunia’ bahwa blog kita telah lahir. Blog harus dipromosikan untuk mendapatkan pemirsa atau teman. Tidak baik blog itu berdisi sendiri, dan memang tidak bisa. Blog ada dalam blogosphere, semesta blog, jadi harus saling kenal satu sama lain. Kita kemudian harus bicara soal networking, membangun jaringan, link building, sharing, lalu bagaimana mengenali search engine, bagaimana mengoptimalkan kerja search engine untuk blog kita (Search Engine Optimization), bagaimana memanfaatan RSS Feed dst.

Karena aktifitas apapun selalu membutuhkan sumber daya, butuh biaya, pada Monetize a Blog Susan bicara mengenai berbagai kemungkinan yang bisa ditemukan agar aktifitas blog itu tidak sekedar for fun (mengharuskan adanya pengeluaran untuk bayar koneksi internet dll) misalnya, tetapi juga bisa menghasilkan uang. Menjadi blogger bisa jadi adalah sebuah pilihan profesi jika hal-hal pokok dan penting menyangkut segala sesuatunya bisa kita pahami dan temukan.

Pendek kata apa yang dikemukakan Susan bisa kita jadikan guidelines dalam menerjuni aktifitas blogging.

Agak sulit menulis runut membahas satu bidang kajian dalam blog, karena kemunculan tulisan dalam blog terus bergulir seperti jurnal (blog memang bisa kita katakan jurnal dari segi urutan pemunculan tulisannya) dan seringkali bagian-bagian dari suatu tema besar jadi fragmented (terserak) karena masing-masing diterbitkan dalam post yang berdiri sendiri. Tulisan tidak terkumpul berkelompok melainkan tampil bersebelahan berdasar waktu penerbitan, sementara ide atau gagasan datangnya tidak selalu sistematis dan tepat waktu.

Deixe o seu comentario

Post a Comment